Senin, Desember 24, 2012

Tidak Ada Yang Maha Tahu


Saya ingat kejadian beberapa waktu yang lalu,
tentang sebuah identitas yang kegunaannya tidak jelas.

Aku memilih tidak menjadi bagian dari mayoritas,
padahal seharusnya aku disana, dan aku tidak butuh.
Tidak tahu kenapa aku malah membenci keadaanku pada saat itu,
sehingga aku memilih pada keadaan sebaliknya, yang tidak aku ketahui apa itu.

Hukum alam,
yang kuat menindas yang lemah,
yang besar menghabisi yang kecil,
yang hebat berkuasa, dan yang tidak berdaya mati.

Aku memilih merasakan menjadi yang kecil,
yang bisa diperkirakan akan mati dihabisi oleh banyak orang,
tanpa mendapat pembelaan dari siapa pun, siapa pun.


Mungkin yang di atas sudah menetapkannya dari dulu,
dan tahu kalau akhirnya seperti sekarang ini.



Kata-kata Mahatma Gandhi selalu menghantuiku,
dia memberikan teror kepada banyak orang melalui kata-katanya,
dia adalah seorang yang benar-benar berjiwa besar.

Aku tidak mengerti secara detail apa yang dia maksud,
tapi aku tahu kalau dia benar-benar menghargai orang lain secara sebebeas-bebasnya.

Aku tahu ini bukan judi untung-untungan.
Ini cuma masalah identitas bukan..?
Untuk aku sangat tidak penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar